Pendidikan sejatinya tidak hanya berperan besar terhadap kemajuan suatu negara, tetapi juga di dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu, mereka membutuhkan sebuah tempat untuk bisa menampung dan mengembangkan bakat mereka masing-masing. Jerman, yang menawarkan bermacam-macam pilihan studi kepada calon mahasiswa baik dalam maupun luar negeri, adalah jawaban yang tepat untuk mereka.

Berkuliah di luar negeri adalah salah satu dari banyak mimpi para mahasiswa. Benefit yang akan mereka dapatkan jika mereka memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri adalah hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Itu memang bukanlah hal yang mengejutkan, melihat perkembangan pendidikan di negara-negara maju, salah satunya di Jerman, terfasilitasi dengan baik. Jadi, bagaimana bisa?

1. Penawaran kuliah secara gratis

Hampir semua universitas di Jerman menawarkan uang kuliah yang terjangkau kepada para mahasiswa. Para mahasiswa di Jerman hanya perlu membayar, ‘Semesterticket’ setiap bulan yang berkisar 200 Euro atau setara Rp. 3.600.000. Biaya tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau jika dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas pada umumnya. Selain itu, para mahasiswa di Jerman dapat menggunakan transportasi umum secara gratis hanya dengan membayarkan 'Semesterticket'. Oleh karena itu, kesempatan untuk berkeliling Eropa sangat terbuka bagi para mahasiswa. Hal itu lah yang juga menjadi pertimbangan para mahasiswa untuk memutuskan kuliah di luar negeri.

Jerman Bukan Lagi Sebuah Pertanyaan, Melainkan Jawaban untuk Para Mahasiswa

2. Pilihan studi yang sangat beragam

Jangan cemas! Apa yang kamu ingin pelajari lebih lanjut, akan selalu tersedia. Kuliah memiliki arti, bahwa seseorang ingin memperdalam ilmu yang ia minati. Oleh karena itu, Jerman menawarkan banyak pilihan studi untuk para calon mahasiswanya. Mereka bisa dengan bebas memilih pilihan studi yang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, baik sistem pendidikan maupun performa para pengajar di Jerman yang maju juga sangat mendukung keputusan para mahasiswa untuk bisa melanjutkan studi mereka di Jerman. Dari situ seseorang bisa mendapatkan banyak hal baru yang bisa dipelajari, yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka temukan.

Jerman Bukan Lagi Sebuah Pertanyaan, Melainkan Jawaban untuk Para Mahasiswa

3. Kondisi kota yang menjadi pengaruh

Sebuah studi akan menjadi lebih menyenangkan dikarenakan lingkungan sekitar tempat seseorang melakukan studi. Ya, kondisi kota. Pemandangan dan tempat wisata yang indah, yang dimiliki oleh Jerman, mampu membangun semangat para mahasiswa di kala istirahat mereka. Itu sangat manusiawi, jika ada saat para mahasiswa merasa sangat lelah karen jadwal studi yang padat. Kunci jawabannya adalah, mereka bisa membuat perjalanan kecil atau membuat piknik bersama teman-teman.

Sekali lagi, bukan hal yang mengejutkan, jika Jerman menduduki posisi pertama dalam pilihan negara impian para mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka. Banyak keuntungan yang bisa diambil dari berkuliah di Jerman. Tetapi, jangan lupakan satu hal penting yang harus dilakukan. Benar, bahasa. Penting untuk setiap para calon mahasiswa yang ingin berkuliah dia Jerman untuk menguasai Bahasa Jerman terlebih dahulu. Itu sangatlah membantu mereka dalam berkomunikasi dengan sesama, sehingga mereka tidak memiliki kesulitan di negara asing.

Artikel Pilihan Lainnya