Baru-baru ini, BBC melaporkan bahwa Jerman telah menghapus biaya kuliah sama sekali untuk mahasiswa internasional. Mahasiswa Jerman dan Internasional membayar biaya yang sama untuk sertifikat/ijazah untuk memperoleh gelar dari universitas Jerman.

Sementara, tujuan negara populer lainnya, seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, masih mengenakan biaya untuk mahasiswa internasional. Selain itu, Jerman juga menyediakan layanan bantuan keuangan secara penuh selama kuliah, melalui berbagai program beasiswa dan pinjaman lainnya.

Salah satu beasiswa favorit mahasiswa Indonesia adalah DAAD (The German Academic Exchange Service). Organisasi ini memiliki beberapa cabang di negara-negara tertentu, termasuk Indonesia. DAAD menyediakan bantuan keuangan ke mahasiswa internasional di seluruh sebanyak hampir 120,000 mahasiswa yang memenuhi persyaratannya.

Secara umum, persyaratan untuk kuliah di Jerman adalah sebagai berikut:


Persyaratan Kuliah di Jerman

Visa dan Residence Permit

Sebagai mahasiswa internasional, kamu membutuhkan visa untuk datang ke Jerman, dan visa ini tergantung pada negara asal dan berapa lama kamu berencana tinggal di Jerman. Untuk informasi lengkap persyaratan visa, silahkan hubungi Kedutaan Jerman di Indonesia.

Bukti sumber keuangan atau bantuan keuangan/beasiswa

Sebelum kamu memulai kuliah, kamu harus bisa memberikan bukti bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk membiayai hidup kamu di Jerman. Kebanyakan, para pendaftar harus membuktikan bahwa mereka memiliki uang sebanyak 8,000 euro di rekening bank untuk 1 tahun.


Kualifikasi Penerimaan Universitas

Bila kamu ingin kuliah di Jerman, kamu perlu mendapat “Hochschulzugangsberechtigung” atau “Kualifikasi Penerimaan Universitas”. Ini adalah ijazah selesai lulus SMA yang akan memenuhi persyaratan untuk kuliah di universitas.

Kemampuan bahasa Jerman

Banyak program yang memerlukan pengetahuan dasar bahasa Jerman sebagai persyaratan masuk di universitas di Jerman. Akan tetapi, kamu tidak perlu bisa berbahasa Jerman bila kamu ingin kuliah di program gelar internasional.

Asuransi Kesehatan

Kamu akan memerlukan asuransi kesehatan untuk kuliah di negara ini. Yang harus kamu lakukan adalah menunjukkan bukti asuransi kesehatan ketika kamu diterima dan melamar residence permit.

Aptitude Test (Tes bakat dan kecerdasan)

Dengan Test for Foreign Students (Test AS), kamu bisa menilai diri sendiri secara realistis tentang apakah kamu akan bisa menyelesaikan program/jurusan yang kamu ambil dengan sukses. Tes ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Tes bahasa “onScreen” 
  • The Core Test 
  • “Subject-specific test modules” (modul tes subyek tertentu)

Artikel Pilihan Lainnya