Perusahaan catering Compass menyusun daftar hidangan yang paling ditunggu oleh warga Jerman menjelang jam makan siang. Kebanyakan makanan lokal. Termasuk juga di kantin Deutsche Welle.

Bagaimana Menyusun Daftar menu?

"Di Jerman saja, grup Compass menjual 400.000 porsi setiap hari," kata Zösch. Jenis hidangan apa yang akan muncul di dalam daftar menu, biasanya ditentukan berdasarkan popularitas. Di kantin Deutsche Welle, juru masak Müller menyimpan 120 menu makanan yang muncul sekali dalam tiga atau empat bulan.


Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Schnitzel

Tidak mengejutkan menemukan Schintzel di posisi teratas daftar makanan kantin yang paling diincar warga Jerman.

Sajian berupa daging yang ditaburi tepung roti dan digoreng ini sudah mendarah daging dalam tradisi kuliner Jerman. Walaupun kantin perkantoran sering menawarkan menu internasional, "anehnya yang paling populer tetap makanan khas Jerman," kata Hermann Müller, koki di kantin Deutsche Welle.


Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Currywurst Alias Sosis Saus Kari

Saat ini Currywurst menempati urutan kedua sebagai hidangan paling laku di kantin Jerman. Saking lakunya, makanan yang pertama kali disajikan di sebuah warung di Berlin 1949 silam ini bisa membuat hidangan lain tidak dilirik pelanggan. "Walaupun kami tidak suka, kami tetap harus menjual Currywurst. Karena dari 1700 porsi yang kami jual, 900 di antaranya adalah Currywurst," kata Müller. 

Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Spaghetti Bolognaise

Siapa yang tidak kenal hidangan mie asal Italia ini. Di antara semua jenis Spaghetti, varian dengan daging cincang dan saus tomat inilah yang paling digemari. Kecuali di Selatan, Spaghetti Bolognaise bisa dijumpai setiap hari di hampir semua kantin di Jerman. Pasalnya "di selatan masih ada tradisi tidak makan daging pada hari Jumat," kata Sebastian Zösch, pakar makanan Jerman.


Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Hamburger, Sosis, Salad dan Pizza

Daging adalah hidangan yang sangat populer. Ketika Hamburger dan meatball berada di peringkat ke empat, sosis dalam berbagai jenisnya yang dihidangkan dengan kentang tumbuk mendarat di peringkat ke lima. Makanan yang lebih sehat adalah Caesar Salad dengan daging ayam yang menjadi hidangan ke enam paling laku di kantin Jerman. Sementara Pizza Italia berada di posisi ketujuh bersama Pasta di posisi delapan.


Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Makanan Laut

Hidangan ikan, dipanggang atau digoreng, mendarat di urutan kesepuluh menyusul sup daging khas Jerman di urutan sembilan. "Saya bisa katakan kami sering menawarkan ikan, setidaknya sekali seminggu," kata Müller. Daftar makanan ini tidak boleh absen dari kantin Jerman yang dikunjungi oleh 13 juta pelanggan setiap harinya. Secara umum, bisnis kantin meraup omset sampai 33 juta Euro setiap hari

Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Vegetaris buat Kaum Muda

Daftar yang dibuat perusahaan catering Compass ini tidak menyertakan makanan vegetarian. Padahal di kantin Deutsche Welle saja, setiap hari sedikitnya 200 porsi hidangan hijau itu menemukan jalannya ke meja pelanggan. Uniknya, kantin yang sering dikunjungi pegawai berusia lanjut jarang menyediakan hidangan vegetarian lantaran minim permintaan.


Hidangan Kantin Terpopuler di Jerman

Hidangan Musiman

Menu makan siang bisa bervariasi bergantung pada musimnya. Ketika udara mulai dingin, hidangan khas natal kembali ke menu utama. Sajian itu berupa bebek goreng yang dipadu dengan kubis tunas atau brokoli.


Artikel Pilihan Lainnya