Berlin, siapa tak kenal dengan Berlin? Berlin merupakan ibukota Jerman. Keindahan kota ini dan nilai sejarah yang dimiliki membuat kota ini menarik banyak pengunjung. Berlin merupakan salah satu kota dengan penduduk terpadat di Eropa. Jika membicarakan mengenai timur dan barat, komunis dan kapitalis, Nazi, dan Perang Dunia, pasti tidak akan terlepas dari kota ini. Salah satu ikon monumen penanda perpecahan Timur dan Barat adalah Tembok Berlin.

Sudah disebutkan di atas bahwa Berlin menyimpan pesona tersendiri bagi wisatawan. Lalu apa saja tempat wisata menarik di sana? Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang akan diulas. Tempat-tempat di bawah ini hanya beberapa saja yang disebutkan, masih banyak yang lain yang perlu diketahui. Tembok Berlin, Gapura Brandenburg, dan Museum Pergamon tentu sangat menarik untuk dikunjungi.


10 Tempat Wisata Menarik di Berlin Part 1

1. Tembok Berlin

Jerman sekarang berbeda dengan Jerman dahulu. Jerman kini merupakan satu negara. Dulu, satu negara ini terbagi dua, Jerman Timur dan Jerman Barat. Tembok yang memisahkan dikenal dengan nama Tembok Berlin. Monumen ini merupakan simbol kekejaman pemerintah komunis. Barang siapa melintasi tembok ini, maka dia dipastikan akan mati terbunuh.


10 Tempat Wisata Menarik di Berlin Part 1

2. Gapura Brandenburg

Gapura Brandenburg adalah salah satu simbol utama dari Berlin dan Jerman. Gapura ini terletak di sebelah barat pusat kota. Gapura ini merupakan satu-satunya yang tersisa di Jerman ketika memasuki Berlin. Satu blok ke utara, berdirilah sebuah bangunan yang dinamai Reichstag. Gapura ini menjadi simbol yang penting karena mengantarkan pengunjung sebelum memasuki istana Prussia. Raja Prussia, Frederick William II, membangun gapura tersebut sebagai simbol perdamaian yang dirancang oleh Carl Gotthard Langhans dari tahun 1788 sampai tahun 1791. Gapura Brandenburg dibangun kembali pada tahun 2000 sampai tahun 2002. Kini, tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Jerman. Jam operasional gapura dibuka dari pukul 10.00 pagi hingga 6.00 sore.


10 Tempat Wisata Menarik di Berlin Part 1

3. Pulau Museum

Pulau Museum (Jerman: Museumsinsel) adalah suatu pulau yang terletak di sungai Spree di pusat kota Berlin. Pulau ini dinamai Pulau Museum karena beberapa museum yang berlokasi di sana. Tadinya museum ini digunakan untuk menyimpan benda-benda koleksi dari beberapa Raja Prussia. Museum ini dibuka untuk umum setelah tahun 1918.


10 Tempat Wisata Menarik di Berlin Part 1

4. Museum Pergamon

Museum Pergamon terletak di Pulau Museum. Situs ini didesain oleh Alfred Messel dan Ludwig Hoffmann, dibangun selama 20 tahun dari tahun 1910 hingga 1930. Muncul kontroversi dari pembangunan museum ini. Mengingat bahwa benda-benda di dalamnya merupakan benda seni dan sains asli, ada pendapat yang mengatakan bahwa sebaiknya benda-benda tersebut dikembalikan ke negara asalnya. Museum ini dibuka pada hari Selasa-Minggu dari jam 10.00 pagi hingga jam 6.00 sore.


10 Tempat Wisata Menarik di Berlin Part 1

5. Istana Charlottenburg

Istana Charlottenburg adalah istana terbesar di Berlin. Istana ini dibangun pada abad ke-17 dan mengalami perkembangan besar-besaran di abad 18. Di dalam istana ini terdapat bermacam-macam bangunan. Beberapa di antaranya adalah mausoleum, paviliun, dan gedung teater. Ketika Perang Dunia II, istana ini mengalami kerusakan parah. Jam operasional istana ini ketika hari Selasa-Jumat adalah pukul 9.00-16.00 sedangkan ketika hari Sabtu-Minggu adalah pukul 10.00-16.00.

Baca juga: http://englishut.com


Artikel Pilihan Lainnya