5 fakta menarik tentang Jerman ini mungkin masih asing buat kalian. Sejarah Jerman tidak terlepas dari perang, mulai dari jaman suku Gothic kuno sampai Batalion Panzer dari rezim Nazi. Saat ini, Jerman telah membuat dirinya sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi terkuat di dunia dan salah satu negara eksportir terbesar di dunia. Banyak berdiri perusahaan- perusahaan teknologi di Jerman yang terkenal dengan kecanggihan alat-alat yang mereka produksi. Mulai dari bidang otomotif, kimia, dan juga pabrikan. Pada artikel, kami akan menjelaskan 5 fakta menarik tentang Jerman.


5 Fakta Menarik Tentang Jerman

1. Denda Perang

Negara Jerman yang suka melakukan dominasi dunia harus dibayar mahal oleh para penduduknya. Pada tahun 1919, dalam Perjanjian Versailles, Jerman memiliki utang sebesar 132 milyar gold mark (mata uang Jerman jaman dulu sebelum Euro) kepada semua negara korban perangnya. Jumlah ini nantinya turun menjadi 50 juta. Jerman membayar utang Perang Dunia I-nya pada 3 Oktober 2010. Dipercaya bahwa utang inilah yang menghancurkan ekonomi Jerman yang berakibat terjadinya inflasi.

Hutang yang di tanggung Negara Jerman  berlanjut pada Perang Dunia II dengan jumlah milyaran kepada negara-negara yang kalah perang tidak hanya dalam bentuk moneter, tetapi juga dalam bentuk perlengkapan industry untuk pabrik-pabrik.


5 Fakta Menarik Tentang Jerman

2. Penculikan Perkawinan

Di daerah pedesaan Jerman, mempelai wanita seringkali “diculik” oleh teman-temannya sebelum pernikahan dan memaksa mempelai pria untuk menemukannya. Pada umumnya, mempelai wanita akan mengunjungi bar-bar yang ada. Mempelai pria harus membelikan minuman kepada teman-temannya sambil mencari keberadaan mempelai wanita.


5 Fakta Menarik Tentang Jerman

3. GSG-9

Pada Olimpiade 1972 yang dilaksanakan di Munich, Jerman, sekelompok teroris yang bernama Black September menyandera 11 atlet Israel. Mereka menuntut 200 tahanan yang ada di Israel dan Jerman dilepaskan. Karena meremehkan para teroris, polisi Jerman menyerang para teroris dan mengakibatkan semua sandera (5 teroris dan 1 polisi) terbunuh. Setahun setelahnya, Jerman membentuk GSG-9 (Grenzschutzgruppe 9) atau yang di artikan sebagai satuan khusus anti-teror. Tugas pertama satuan ini adalah melawan kelompok teroris yang membajak penerbangan Lufthansa di Mogadishu, Somalia. Sebelum perang Irak, dilaporkan satuan ini telah ditugaskan di lebih dari 1.500 misi dengan hanya menggunakan pistol saja.


4. Sitzpinklers

Di Jerman, kebanyakan anak pria diajarkan untuk melakukan “sitzpinklers,” yaitu duduk saat buang air kecil, karena “stehlpinkler” atau berdiri saat buang air kecil itu dianggap kotor dan tidak sopan. Bahkan pada beberapa rumah, ada catatan pada pinggiran toilet yang melarang orang-orang untuk buang air besar sambal berdiri.


5 Fakta Menarik Tentang Jerman

5. BIR

Orang Jerman sangat menyukai minum bir. Pada tahun 1516, Reinheitsgebot, undang-undang Pemurnian Bir Jerman disahkan di Kota Ingolstadt. Undang- undang ini hanya membolehkan air, jelay, dan juga hop sebagai bahan dasar membuat bir. Pada saat itu, masyarakat tidak menyadari bahwa ragi juga berperan dalam proses membuat bir. Setelah itu, undang-undang tersebut diperbarui, dan lebih dari 500 tahun setelah perbaruan hukum ini, antusiasme Jerman terhadap bir tidak juga menyusut. Jerman adalah rumah dari sekitar 1.250 tempat pembuatan bir, hampir 4 kali lipat lebih banyak dari penggabungan semua tempat pembuatan bir di Eropa.


Artikel Pilihan Lainnya