Cuaca adalah salah satu topik penting yang sering dibicarakan di Jerman, dimanapun dan kapanpun. Cuaca yang terjadi di Jerman biasanya berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan waktu musim yang sedang berlangsung pada saat itu.

Waktu sekarang ini yaitu bulan Agustus adalah waktu-waktu terakhir dari musim panas. Tepatnya musim panas itu berlangsung dari bulan Juni, Juli dan berakhir di bulan Agustus. Berikut ini fakta yang terjadi saat musim panas di jerman.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Makan Es Krim

Di Jerman, sebagian besar toko es krim hanya buka di bulan-bulan musim panas. Ketika berkas sinar matahari tampak, hampir semua orang menggenggam es krim di tangannya. Di beberapa negara, es krim hanya dimakan anak-anak, sementara di Jerman orang dewasa biasa makan es krim.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Adanya Lalat

Orang Jerman terkenal tidak suka dengan ruangan yang udaranya tidak segar. Jadi mereka kerap membuka jendela, walaupun di luar dingin atau lembab. Udara hangat berarti jendela terbuka lebih lama. Karena pendingin ruangan jarang di negara yang hari-harinya lebih sering hangat. Sayangnya, lalat juga sering masuk.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Macet di Jalan Tol

Liburan musim panas selama enam pekan dimulainya berbeda-beda di 16 negara bagian Jerman, sehingga jalan tol tidak tersumbat sepenuhnya oleh arus warga yang bepergian. Tapi itu tidak sepenuhnya berfungsi. Warga Jerman tidak punya banyak anak, tapi tampaknya hampir semuanya punya anak yang usia sekolah. Jadi orang harus perhitungkan waktu jika bepergian akhir minggu.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Celana Panjang yang Dipendekkan

"Tidak ada cuaca buruk. Yang ada hanya busana yang salah." Begitu bunyi pepatah Jerman. Bagi mereka yang tetap ingin beraktivitas di luar, walaupun cuaca musim panas tidak menentu, ada satu solusi: celana panjang yang bisa dipendekkan dengan membuka retsleting di bagian kaki. Karena sangat praktis, banyak orang Jerman mengenakannya selama libur musim panas.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Mengeluh Karena Panas

Orang Jerman terkenal mudah mengeluh. Juga dalam hal cuaca. Karena suhu rata-rata musim panas di Jerman hanya sekitar 20°C, orang asing akan berpikir, orang Jerman akan senang jika termometer menunjukkan suhu sampai 25 atau 28°, atau bahkan lebih tinggi lagi. Tapi sebaliknya orang Jerman mengeluh, "Panas sekali!"


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Libur Kepanasan

Sekolah dan kantor-kantor Jerman tidak memasang pendingin ruangan untuk hari-hari di mana suhu tinggi. Jika terlalu panas maka dinyatakan "hitzefrei" (bebas karena panas). Bahkan ada kasus, di mana pekerja dipulangkan karena suhu lebih tinggi dari 26°C. Sedangkan kebijaksanaan di sekolah berbeda-beda di tiap negara.


Fakta yang Terjadi Saat Musim Panas di Jerman

Kolam Renang Penuh

Orang Jerman senang berenang. Itu bisa terlihat dari banyaknya kolam renang publik di kota-kota. Ada dua tipe: di luar dan di dalam ruangan. Yang di luar ruangan, berfungsi seperti toko es krim. Jadi hanya buka pada musim panas. Kolam renang pribadi adalah kemewahan yang sangat langka.

Sumber: http://www.dw.com