Jerman kerap diasosiasikan dengan sosis atau bir. Tapi ada beberapa hal lain tentang Jerman dan warganya yang tidak banyak diketahui orang.

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Hari Minggu Hari Tenang tanpa Aktivitas

Kebiasaan orang Jerman adalah bekerja keras mulai hari senin sampai Jum’at. Sedangkan pada hari  Jum’at sore mereka sudah menikmati akhir pekan. Bagi mereka, akhir pekan (Wochenende) adalah saat yang selalu dinanti untuk melepaskan kepenatan, dan hari Minggu biasanya mereka bermalas-malasan di rumah untuk menyiapkan tenaga dan pikiran untuk bekerja kembali di hari Senin. Oleh karena itu, setiap hari Minggu toko-toko di Jerman tutup semua. Satu hal lain yang perlu diketahui, jangan membuat kegaduhan di rumah ketika hari Minggu, karena hal tsb dianggap tidak sopan dan akan sangat mengganggu tetangga di sekitarnya.

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Menutup Jendela di dalam Kereta Api

Jerman terkenal akan tranportasi kereta apinya. Tapi ada satu hal yang terkait dengan kereta api dan ditakuti orang Jerman yaitu “Luftzug“. Kata ini berasal dari "Luft" (udara) dan "Zug" (kereta), yang dapat diartikan udara yang masuk ke kereta. Masyarakat Jerman percaya, bahwa angin segar yang masuk ke dalam kereta melalui jendela terbuka tidaklah sehat dan dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, di dalam kereta juga sudah dilengkapi dengan AC. 

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Tepat Waktu

Orang Jerman selalu merayakan hari ulang tahunnya mulai pukul 00.00

dan tidak pernah merayakan atau mengucapkannya sebelum waktunya. Mereka mempunyai keyakinan, bahwa merayakan atau mengucapkan selamat ulang tahun sebelum tanggal lahirnya akan membawa sial.


10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Peralatan yang Dibawa Ketika Pindah Rumah

Orang asing yang sedang mencari apartemen di Jerman akan terkejut ketika tahu bahwa peralatan dapur bukanlah barang yang harus tersedia di sebuah apartemen. Ketika orang Jerman pindahan, mereka akan membawa semua peralatan dapur ke rumah/apartemen barunya, termasuk oven, kulkas, lemari, meja dapur, bahkan wastafel. Mereka hanya akan meninggalkan pipa air dapur di rumah/apartemen lamanya karena benda-benda tersebut sudah dipasang secara permanen. 

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Belanja di Minimarket

Seorang kasir di minimarket Jerman terkenal dengan cara kerjanya yang cepat. Mereka bekerja sangat cepat sehingga para pembeli juga harus menyesuaikan diri dan jangan sampai membuat antrean di belakangnya lama menunggu. Kebiasaan unik lainnya adalah pelanggan akan mengemas barang belanjaan mereka sendiri dengan kantong yang di bawa dari rumah. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan kantung plastik karena orang Jerman sangat sadar akan kelestarian lingkungan.


10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

“Terima Kasih” Artinya “Tidak”

Apakah yang akan kalian jawab ketika mendapatkan tawaran minuman atau makanan dari orang Jerman? Jika kalian menjawab dengan ’’terima kasih“ atau ’’danke“, artinya kalian menolak apa yang ditawarkan orang orang tersebut. Jika kalian ingin menerima tawaran tersebut, maka kalian seharusnya menjawab ’’bitte“ yang berarti silahkan. 

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Makan Siang dan Makan Malam

Di Jerman makan malam sering disebut “Abendbrot“, dimana “Abend“ berarti malam, dan “Brot“ berarti roti. Hal ini dikarenakan orang Jerman lebih memilih untuk makan makanan dingin atau cepat saji saat malam hari. ”Abendbrot” biasanya terdiri dari roti, ham, keju dan sayur. Sedangkan untuk makan siang, orang Jerman lebih suka menyantap makanan hangat yang sering dibelinya di kantin tempat bekerja atau di restoran-restoran sekitarnya. 

10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Air Harus Bersoda

Di Jerman, jika kalian memesan air atau dalam bahasa Jermannya “Wasser“ di restoran, kemungkinan besar kalian akan disuguhi air soda. Orang Jerman juga sering mencampur jus mereka dengan soda, atau yang biasa disebut "Schorle". Air mineral tanpa soda sendiri sangat mudah di dapat di Jerman, karena kebanyakan air pipa di Jerman dapat diminum langsung.


10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Menerjemahkan Film dari Bahasa Inggris

Film-film berbahasa Inggris biasanya diterjemahkan ke dalam Bahasa Jerman. Penerjemahannya sendiri tidak harus sesuai dengan judul Bahasa Inggrisnya. Misalnya film “Ice Age: The Great Egg Scapade“ diterjemahkan menjadi “Ice Age: Jäger der Verlorenen Eier” yang artinya Pengejaran Telur yang Hilang“, atau film disney “Inside Out“ yang diterjemahkan menjadi “Alles steht Kopf“ yang artinya semua yang ada di dalam kepala.


10 Hal yang Mungkin Anda Tidak Ketahui tentang Jerman

Freikörperkultur

FKK atau Freikörperkultur dapat diartikan budaya tanpa pakaian. Di Jerman sendiri, ada beberapa pantai yang orang diijinkan untuk tidak mengenakan pakaian apapun dan hal itu sendiri dianggap wajar. Pantai-pantai itu biasa disebut FKK-strand atau Pantai FKK.