Apakah kamu sudah pernah mendengar program ini sebelumnya? Yup! Jika kamu mengetahui program FSJ pasti tidak akan asing dengan program BFD, karena pada dasarnya kedua program ini sama-sama berfokus kepada pekerjaan sukarela di bidang sosial di Jerman. Walaupun BFD sendiri merupakan pekerjaan sukarela, tetapi kamu tetap mendapatkan gaji dari pekerjaan sukarela tersebut. Seru sekali, bukan?

Sekilas FSJ dan BFD terlihat sama, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan seperti:

  • Umur

Batasan umur untuk program BFD sendiri tidak ada. Jadi, siapapun yang sudah berusia di atas 16 tahun bisa mengikuti program ini. Jika program FSJ lebih difokuskan kepada anak muda, sebaliknya program BFD lebih untuk umum (tidak hanya untuk anak muda, tetapi juga orang dewasa yang lebih dari 30 tahun).

  • Pengulangan

Berbeda dengan FSJ di mana kamu tidak boleh mengulang lagi untuk mengikuti program FSJ kembali, justru BFD memberikan sedikit kelonggaran untuk kamu yang sangat suka mengikuti program sukarela (tentunya dengan jangka waktu yang sudah ditentukan).

  • Jam Kerja

Jam kerja untuk sukarelawan di program BFD adalah kurang lebih sama dengan program FSJ yaitu 39 jam per minggu. Tetapi, seseorang yang berusia di atas 27 tahun mendapatkan kesempatan untuk bekerja paruh waktu.

  • Lokasi

Program FSJ bisa diambil di berbagai negara seperti tentunya Jerman dan Austria. Sebaliknya, program BFD hanya dibuat khusus untuk dilakukan di negara Jerman sendiri.

Jadi, sudah ada gambaran untuk program BFD? Kalau sudah, langkah berikutnya pastinya mempelajari Bahasa Jerman. Karena program BFD sama seperti FSJ yang membutuhkan minimal sertifikat B1, yuk langsung aja belajar bersama di English Hut~ Klik langsung aja link di bawah ini untuk bergabung bersama English Hut yaa

https://linktr.ee/englishhut


Artikel Pilihan Lainnya