Jalan menuju negeri Jerman sangatlah beragam. Banyak cara yang bisa ditempuh, salah satunya melalui program yang ditawarkan oleh Jerman sendiri yaitu FSJ, yang merupakan singkatan dari Freiwiliges Soziales Jahr. FSJ adalah program resmi dari pemerintah Jerman untuk volunteer tahunan dan bergerak di bidang sosial seperti pengajar di sekolah, perawat di rumah sakit ataupun panti jompo, relawan di tempat pengungsian, dan masih banyak lagi.

Siapapun yang berminat untuk berkecimpung di bidang sosial bisa mengikuti program FSJ, dengan tentunya memerhatikan beberapa persyaratan yaitu:
  • Memiliki sertifikat minimal B1
  • Usia tidak lebih dari 27 tahun
  • Pengalaman bekerja di bidang sosial
  • Daftar riwayat hidup (Lebenslauf)
  • Surat motivasi (Motivationsschreiben)
Mengapa FSJ banyak diminati oleh orang-orang di dalam maupun di luar negara Jerman? Sudah banyak jawaban terkumpul untuk pertanyaan tersebut. Salah satu jawaban yang paling sering diungkapkan adalah ‘FSJ sangat efektif membantu seseorang (terutama remaja yang baru saja lulus Abitur (semacam Ujian Nasional di Indonesia) dan masih merasa bingung terhadap jenjang pendidikan berikutnya) untuk memberikan pandangan yang lebih detail, bagaimana mereka akan menjalankan karir mereka di masa depan’. Melalui program FSJ tentunya seseorang tidak hanya mendapatkan lebih banyak pengalaman sosial, tetapi juga mereka bisa mengingkatkan kemampuan Bahasa Jerman mereka di waktu yang sama.

Meskipun program FSJ ini bersifat sukarela, tetapi orang juga bisa mendapatkan uang (yang berkisar antara 300-650€) melalui program tersebut. Selain itu, orang-orang juga berpeluang untuk bekerja di Jerman karena program FSJ akan memberikan sertifikat di akhir. Tidak hanya itu, cuti yang didapatkan per tahun untuk program FSJ juga cukup banyak. Sehingga orang-orang seringkali menghabiskan waktu cuti dengan berlibur menjalajahi kota-kota di Jerman.

Apakah kamu salah satunya? Yuk, jangan lupa untuk belajar Bahasa Jerman untuk persiapan FSJ bersama dengan English Hut, yang pasti akan lebih mudah dan seru!

- Langsung aja klik link di bawah ini untuk bergabung dengan English Hut -

https://linktr.ee/englishhut

Artikel Pilihan Lainnya