Mempelajari sebuah bahasa asing bisa makan waktu lama dan kadang membuat frustasi. Hal ini bisa jadi dikarenakan kurangnya pemahaman kita mengenai metode atau cara mempelajari Bahasa tersebut Berikut beberapa petunjuk praktis yang dapat memudahkan kalian dalam belajar Bahasa Jerman.


1. Bicara dengan Lantang

Berbicara bahasa yang baru memang sulit karena pada awalnya biasanya terbentur dengan pengetahuan bahasa tersebut. Namun berlatih berbicara harus dimulai sejak dini. Jika kalian tidak punya kenalan orang Jerman, kalian bisa berlatih sendiri di rumah, misalnya mencoba berbicara melafalkan kosakata bahasa di depan cermin. Dengan begitu, kalian akan melatih percaya diri kalian untuk melafalkan kosakata yang sedang kalian pelajari.


2. Berikan Label pada Barang-Barang di Rumah

Tips ini akan memudahkan kalian agar mudah untuk belajar setiap saat. Ambil secarik kertas, tulis nama barang-barang dalam Bahasa Jerman, dan tempelkan di barang tersebut. Jangan lupa untuk menuliskan artikel (der, die, das) dan juga bentuk jamaknya agak belajar kalian semakin bermakna.


Tips Belajar Bahasa Jerman

3. Baca Buku Cerita Anak dan Komik

Buku dan komik anak-anak ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana dan dilengkapi dengan gambar. Itulah mengapa buku-buku tersebut sangat bermanfaat bagi kalian yang baru memulai belajar Bahasa Jerman.


Tips Belajar Bahasa Jerman

4. Daftar Belanja dalam Bahasa Jerman

Sangatlah penting untuk mempelajari kosakata Bahasa Jerman yang berguna dalam keseharian. Cobalah untuk menulis daftar belanja dan catatan lainnya dalam Bahasa Jerman. Mungkin pada awalnya perlu waktu, namun dengan cara ini kalian akan belajar banyak dan mudah. 


5. Jangan Tunggu sampai Sempurna

Dalam belajar bahasa asing, kalian tidak perlu menunggu sampai fasih dulu baru mempraktekannya. Hal ini merupakan kesalahan besar dalam seni belajar bahasa. Selama lawan bicara kalian memahami apa yang kita maksudkan dalam percakapan, maka hal ini sudah cukup buat para pemula. Dengan kata lain, setiap kalimat yang kalian ucapkan tidak harus sempurna menurut aturan gramatikal yang ada. Jadi, jangan merasa takut untuk berbicara dalam Bahasa Jerman sesering dan sedini mungkin ya, walau merasa tata bahasa kalian masih kurang.


Tips Belajar Bahasa Jerman

6. Dengarkan Saluran Radio Jerman

Biasanya sangat sulit bagi pemula untuk mengerti kata-kata yang didengar dari radio. Tapi jika kalian sering mendengarkan percakapan, baik secara langsung maupun dari radio, kalian akan lebih familiar terhadap Bahasa Jerman. Banyak program radio Jerman yang kini bisa kita nikmati secara online. Intinya, selama kita mau mencari cara belajar mudah, pasti akan menemukan tips yang sesuai dengan kita.


Tips Belajar Bahasa Jerman

7. Cari Lawan Bicara

Ada banyak cara untuk mengenal penutur asli (Native Speaker) Bahasa Jerman. Salah satu cara adalah melalui fasilitas free chat yang banyak ditemukan di internet dengan mudah. Cobalah untuk mencari dan bertemu orang Jerman yang ingin belajar Bahasa Indonesia supaya percakapan kalian bisa berjalan secara dua arah. Jika kalian berhasil mendapatkan lawan bicara, hal ini pasti akan sangat membantu kalian untuk mempelajari kosakata maupun ekspresi yang biasa di gunakan sehari-hari plus mempelajari irama bahasa yang tentunya berbeda dengan bahasa ibu kita.


Tips Belajar Bahasa Jerman

8. Memasak dengan Bahasa Jerman

Memasak merupakan salah satu bagian terpenting dalam keseharian kita. Cara terbaik untuk mempelajari berbagai nama makanan serta bahan-bahannya adalah dengan memasak sendiri. Bukan berarti kalian harus memasak makanan Jerman yang kita tidak familiar dengan bahan dasarnya. Kita bisa memasak makanan kesukaan kita, tapi ingat resepnya harus di tulis dalam Bahasa Jerman ya biar membiasakan kita dengan kosakata Bahasa Jerman.


9. Baca Buku yang Kalian Sukai dalam Bahasa Jerman

Kalian pasti tahu di luar kepala isi cerita dari buku favorit kalian. Nah, carilah buku favorit kalian ini yang diterbitkan dalam Bahasa Jerman. Hal ini bisa menjadi satu keuntungan besar karena kalian tahu jalan cerita buku tersebut, sehingga kalian hanya harus membacanya dan berkonsentrasi pada bahasa.


Tips Belajar Bahasa Jerman

10. Dengarkan Lagu Jerman dan Pelajari Liriknya

Belajar Bahasa Jerman lewat lagu dianggap satu cara paling efektif. Carilah lagu-lagu Jerman, misalnya di Youtube, dan pilih yang Anda sukai. Dengarkan dan coba tulis lirik lagu tersebut.


11. Tonton Film atau TV Jerman

Nonton TV dalam Bahasa Jerman juga bisa dijadikan media untuk belajar dan refreshing. Jika kalian memiliki DVD atau CD film Jerman, kalian dapat menonton film tersebut dalam bahasa yang kalian mengerti atau dengan teks terjemahan. Setelah mengetahui jalan ceritanya, tontonlah dalam Bahasa Jerman dan tanpa teks terjemahan. Selamat mencoba ya.


Artikel Pilihan Lainnya